Program Unggulan Level II



                     Aneka Program Unggulan Level II SD Al Irsyad 01

Pendidikan tidak hanya mengedepankan aspek kognitif semata, namun aspek afektifpun perlu dibangun. Selama ini sekolah-sekolah Al Irsyad telah menerapkan pendidikan berbasis karakter, seperti yang sekarang sedang dilakukan pemerintah melalui penerapan Kurikulum 2013. Pendidikan tidak hanya bicara tentang nilai, namun lebih penting lagi membentuk peserta didik yang berkarakter, berakhaqul kharimah.

            Sejak tahun lalu, kami, SD Al Irsyad 01 telah melaksanakan program unggulan. Kalau tahun lalu masih dilaksanakan ditingkat level, untuk tahun ini dilaksanakan ditingkat kelas. Setiap kelas mempunyai program unggulan yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan siswa serta membangun sikap-sikap yang baik pada diri siswa.

Berurutan dari kelas II Brave, II Amazing, II Optimistic, II Mercy, dan II Generous program unggulannya adalah membatik, mendaur ulang gelas plastik bekas minuman, puisi, boneka jari flannel, dan telur asin.

Kegiatan Membatik Kelas II Brave


                                                Menggambar pola batik pada kain


                                           Mengisi pola menggunakan canting

Latar belakang Ustadzah Gati walas II Brave memilih membatik adalah untuk mengenalkan siswa terhadap kekayaan budaya Jawa serta melatih motorik halus siswa. Siswa senang mengikuti instruksi dari pelatihnya yaitu Bu Sri, seorang pembatik dari Sokaraja. Kegiatan diawali dari menggambar pola pada kain hingga ‘nyanting’ (mengisi pola dengan cairan lilin menggunakan canting) dilakukan dengan senang. Saat ini mereka sedang menunggu untuk proses pewarnaan dan ‘nglorot’ (memasukkan kain kedalam air mendidih untuk melarutkan lilin). Setelah itu mereka bisa memajang hasil karyanya sendiri, alangkah senangnya.

 Daur Ulang II Amazing

                               Gelas plastik yang sudah dicat sedang digunting membentuk bunga

                                              Gelas diwarnai menggunakan cat

Melihat gelas plastik yang banyak berserakan, mendorong Ustadzah Kurnia walas II Amazing, untuk memanfaatkannya menjadi hiasan berupa bunga matahari. Komite kelaspun turut aktif dalam pelaksanaan program ini, mereka turut hadir membantu dan mengarahkan siswa untuk mengolah gelas-gelas plastik menjadi bunga matahari. Dengan tekun siswa menggambar pola, menggunting, dan mengecat gelas plastik tersebut sehingga menjadi bunga matahari yang berwarna kuning cerah.  Gelas-gelas plastik yang awalnya sampah kini telah menjadi bunga-bunga yang indah.

 Antologi Puisi II Optimistic

                                                   Siswa tampak asyik menulis puisi

                                                              Mendapat bimbingan dari ahlinya
                                                   
Kegemaran siswa II Optimistic terhadap puisi diakomodir oleh Ustadzah Isni, melalui program unggulan kelasnya yaitu menulis puisi. Heru Kurniawan, S. Pd. M. A. dosen STAIN pun diundang untuk menambah pengetahuan siswa mengenai menulis puisi. Puisi-puisi yang telah ditulis siswa nantinya akan didokumentasikan dalam bentuk buku “Antologi Puisi”. Kalau sekarang mereka menulis buku bersama-sama, diharapkan kelak siswa-siswa mampu menghasilkan buku hasil tulisannya sendiri. 

Boneka Jari  Flanel II Mercy


                                                                Menggambar pola boneka jari
                                            Gunting dengan rapi sesuai pola
 
Kelas II Mercy dibimbing Ustadzah Latri berkreasi membuat boneka jari kain flannel. Beraneka macam bentuk boneka tangan telah dirancang, tampak imut dan lucu. Pola-pola dibuat dikertas, kemudian dijiplak dikain flannel yang akan digunting. Agar lebih hidup, flannel akan diisi dengan dakron kemudian direkatkan dengan lem atau dijahit. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk kreatif. Asyiknya bisa membuat mainan sendiri. Dengan boneka tangan ini mereka juga dapat bermain peran dengan temannya.

Telur Asin II Generous 

                                            Tumbuk dulu batu batanya hingga halus

                            Balut telur dengan adonan batubata dan garam sebelum disimpan

Tak kalah dengan kelas lain, Kelas II Generous diajak Ustadzah Anggun melakukan kegiatan yang menyenangkan yaitu membuat telur asin. Sebagian besar siswa sudah pernah makan telur asin tapi belum tahu proses pembuatannya. Hari Jumat yang biasanya mereka pulang pk 10.30, hari itu mereka pulang pk 14.00. Baju seragam telah berganti dengan kaos, mereka siap memulai proses pembuatan telur asin. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, ada yang bertugas menghaluskan batu bata, menghaluskan garam, membersihkan telur, dan menyiapkan tempayan untuk memeram telur. Batu bata dan garam yang telah halus diberi sedikit air kemudian dibalutkan ke telur. Telur-telur tersebut kemudian ditata ditempayan dan diperam.  Setelah 2 pekan, telur-telur tadi siap di ‘panen’, dicuci dan direbus. Nikmatnya makan telur asin buatan sendiri yang kaya akan gizi.
Melalui berbagai program unggulan diatas diharapkan siswa mendapat ketrampilan dan pengetahuan baru. Program unggulan kelas akan sukses apabila seluruh siswa tersebut saling mendukung dan bekerjasama. Nilai-nilai tersebut yang diharapkan bisa tertanam pada diri siswa.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. LEVEL II SD AL IRSYAD 01 PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger