Temukan Pengetahuan Baru dengan "Membaca"


Kamis, 21 November 2013 bertempat di aula utara SD Al Irsyad 01, 157 siswa level II mengikuti kegiatan “Happy Reading with Komunitas Rak Buku Indonesia”. Sehari sebelumnya siswa sudah diberitahu mengenai kegiatan ini, dan mereka menyambut dengan antusias sekali. Happy reading ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca di kalangan siswa khususnya level II, meskipun dalam kesehariannya mereka sudah menunjukkan minat baca yang tinggi. Perpustakaan tak pernah sepi dari pengunjung-pengunjung cilik ini. Namun, kehadiran Komunitas Rak Buku (RBI) di sekolah memberikan suasana baru bagi siswa-siswa. Happy reading ini diawali dengan pertunjukkan teater oleh KRB.
                                                Pemateri sedang memberikan motivasi




                                                Siswa asyik mendengarkan


  Diceritakan Fani dan kawan-kawannya menemukan peta hartu karun, yang membawa mereka berpetualang melewati tiga rintangan, yaitu gunung, sungai, dan gua. Setelah melewati semua rintangan akhirnya mereka menemukan harta karunnya berupa buku. Fani dan kawan-kawan sangat senang.

Mereka mendapatkan buku yang sarat ilmu pengetahuan. Buku merupakan sumber pengetahuan, dengan membacanya kita seolah-olah dapat melihat seluruh dunia. Tak perlu beranjak dari tempat duduk, kita akan memperoleh beraneka macam pengetahuan dan informasi dari sebuah buku. Bahkan dalam surat Al ‘Alaq ayat pertama yang Allah wahyukan kepada Nabi Muhammad mengisyaratkan bahwa, manusia diperintahkan untuk banyak belajar, mengungkap hal-hal yang belum diketahui, salah satunya melalui membaca. Seusai membaca bersama, siswa-siswa berlatih untuk menuliskan kembali apa yang telah mereka baca dengan bahasanya sendiri. Dalam diam mereka asyik mengerjakan worksheet yang disiapkan ustadzah. Pengalaman yang mengesankan... membaca bersama, melihat teater, mendengarkan pusi, dan menulis ringkasan cerita. Semoga hal ini dapat meningkatkan minat baca siswa.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. LEVEL II SD AL IRSYAD 01 PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger