3 Hari Belajar Disiplin Bersama TNI

3 Hari Belajar Disiplin Bersama TNI

Pagi itu sekitar pukul 06.00 WIB, SD Al Irsyad 01 Purwokerto di datangi oleh bapak-bapak TNI dengan memakai seragam lengkap. Hal ini menjadi sebuah pertanyaan besar bagi siswa-siswi yang sudah hadir di sekolah. Ada apa gerangan dengan SD Al Irsyad 01 Purwokerto? Pertanyaan yang muncul di benak anak-anak segera terpecahkan saat ustad Sudrajat S. Sos, Kepala Sekolah SD Al Irsyad 01, menyambut dengan senyum yang ramah kepada Lima TNI dari KODIM. Mereka adalah Serka Sukiman, Serda Eka Prayitno, Serda Teguh Riyanto, Serda Among Priyono, dan Serda Tofik yang diundang khusus oleh sekolah untuk melaksanakan program Disiplin Day Level II. Kerjasama dengan para TNI ditujukan untuk melakukan razia kedisiplinan para siswa kelas 2. 

Tahun – tahun sebelumnya kegiatan disiplin day di laksanakan di Markaz KODIM atau SPN. Salah satu bentuk kegiatannya adalah game kedisiplinan dan PBB. Tahun ini level 2 ingin memberikan nuansa yang berbeda yaitu kami mengundang lima anggota TNI ke sekolah untuk mengecek kedisiplinan anak selama tiga hari berturut-turut dimulai hari Rabu-Jum’at, 19-21 Agustus 2015. Hari pertama dan kedua fokus kegiatan pengecekan seragam, alat tulis, dan jadwal pelajaran pada hari tersebut. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan agar siswa selalu membawa buku pelajaran sesuai jadwal, lengkap membawa alat tulis dan memakai seragam sesuai tata tertib berseragam. Menurut Yunika, Waka Level II “Kegiatan Disiplin Day tidak hanya dengan latihan baris berbaris, namun lebih aplikatif, rasa disiplin diharapkan lebih tertanam dan untuk seterusnya bisa dilaksanakan dengan optimal". 
Bapak TNI dengan sigap telah berada ditiap-tiap pintu masuk kelas. Bel masuk berbunyi, seluruh siswa berbaris didepan masing masing kelas. Para ustadzah mendampingi ketua kelas memimpin berdoa. Setelah berdoa selesai siswa tidak langsung masuk seperti biasanya. Satu persatu siswa dicek kelengkapan seragam, mulai dari baju, sabuk, badge, nama, kaos kaki, sepatu. Lanjut pada isi tas yaitu kelengkapan alat tulis dan jadwal pelajaran. Ternyata anak anak senang dengan kegiatan seperti ini, walaupun ada beberapa anak yang harus mendapat peringatan karena kurangnya kelengkapan pada dirinya. Alhamdulillah hari ke 2 dan ke 3 jumlah siswa yang mendapat peringatan telah berkurang. Hal ini menandakan kegiatan disiplin day tahun ini dapat meningkatkan mutu kedisiplinan siswa siswi anak kelas 2 SD Al Irsyad Al Islamiyah 01 Purwokerto. (Desi WS).
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. LEVEL II SD AL IRSYAD 01 PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger