FAMILY DAY KELAS 2

" Keluargaku Segalanya Bagiku "

Berkumpul bersama keluarga merupakan saat-saat yang sangat menyenangkan, apalagi bisa bermain bergembira lengkap dengan seluruh keluarga. Namun kesempatan itu tidak dimiliki oleh semua anak setiap harinya.  Ada beberapa keluarga yang tinggal “terpisah”, karena Papa atau Mama harus bekerja di luar kota, sehingga tidak dapat setiap hari mendampingii putra putrinya di rumah. Bertempat di Fakultas Biologi, UNSOED, Ahad, 22 September 2013 kesempatan bermain bersama seluruh keluarga dapat terwujud,  melalui acara Family Day Level II SD Al Irsyad  Al  Islamiyyah 01 Purwokerto.
 Kepala SD al Irsyad 01, Sudrajat, S. Sos. menyampaikan dalam sambutannya bahwa keluarga merupakan harta yang paling berharga, sehingga harus selalu dijaga keharmonisannya. “Anak-anak kita harus mendapatkan haknya untuk kita perhatikan dan kita bimbing, karena ketika kita menjaga mereka saat ini, merekapun akan menjaga kita kelak ketika kita tua. Demikian pula sebaliknya, ketika kita mengabaikan mereka, mungkin saja mereka akan mengabaikan kita”, Mama Asyifa selaku perwakilaan wali menambahkan.
Selain mengakrabkan anggota keluarga murid, acara ini diharapkan dapat membangun dan memperkuat silaturahmi antara pihak sekolah, yaitu guru beserta keluarganya dengan keluarga peserta didik. Sehingga komunikasi efektif dapat lebih ditingkatkan. Dengan demikian akan terjalin kerjasama untuk mewujudkan seluruh program sekolah yang ada.
Meskipun sudah dilaksanakan rutin sejak kelas 1, tetap saja Family Day menjadi favorit anak-anak. Anak-anak tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian acara, terutama perlombaannya. Sesuai dengan tujuannya yaitu mempererat silaturahmi antar anggota keluarga, lomba-lomba yang diadakan semuanya bertemakan kerjasama.  Ada empat lomba yang dilaksanakan, yaitu lomba estafet tampah dengan peserta mama dan anak putrinya, estafet bola keranjang dengan peserta papa dan anak putranya, memisahkan biji-bijian khusus untuk papa dan estafet bola pingping khusus untuk mama. Semua tampak bergembira mengikuti lomba-lomba yang ada, apalagi ustadzah sudah menyiapkan banyak hadiah.
Selain lomba-lomba keluarga, murid-murid diajak berkunjung ke dalam Fakultas Biologi untuk mendekatkan mereka dengan lingkungan ilmiah dan mengamati berbagai koleksi awetan hewan serta tanaman. Tujuan perjalanan singkat ini memotivasi murid untuk terus menuntut ilmu serta menunjang proses pembelajaran di kelas. Murid dapat melihat awetan berbagai jenis hewan serta tanaman langka. Salah satu prinsip dalam proses belajar mengajar adalah guru harus memberikan gambaran nyata mengenai materi yang disampaikan, hal ini akan memudahkan murid menyerap dan memahami materi pelajaran.
Banyak hal yang dapat dipelajari anak-anak pada acara family day ini. Mereka diajarkan untuk menghargai orang lain, bekerjasama, bersikap  jujur, dan mengakui kelebihan orang lain serta kekurangan diri sendiri.  Hal ini terlihat saat hasil lomba diumumkan, para pemenang tidak menyombongkan diri dan yang kalahpun dapat menerima serta mau mengakui kelebihan temannya yang menang.  Kalah atau menang semua senang.  Bukan hanya hasil akhir yang kita lihat tetapi proses yang mereka lakukan yang mestinya lebih kita hargai.

Nur Azizah
Guru Kelas 2 SD Al Irsyad 01 Purwokerto







Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. LEVEL II SD AL IRSYAD 01 PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger